Kesehatan Kerja: Kunci Produktivitas & Profitabilitas Perusahaan di Tengah Krisis

Sumber daya manusia (SDM) dalam perusahaan adalah aset berharga bagi setiap perusahaan yang harus dijaga dengan baik untuk mencapai produktivitas & profitabilitas usaha. Meskipun saat ini sedang terjadi krisis finansial global, dengan SDM yang sehat & berkualitas tingkat terjadinya penyakit atau kecelakaan akibat kerja dapat ditekan untuk mencegah kerugian bagi perusahaan, SDM, keluarga, & masyarakat. Sedangkan bagi SDM, pekerjaan adalah aset yang harus dijaga sehingga agar dapat tetap optimal dalam bekerja, SDM harus menjaga kondisi kesehatannya.
Oleh karenanya, UU no.1/1970 mewajibkan perusahaan untuk memberikan perlindungan untuk keselamatan & kesehatan bagi SDM yang ada di perusahaannya. Termasuk di dalam hal tersebut adalah:
– Pemeriksaan kesehatan calon SDM suatu perusahaan, dengan tujuan untuk meyakinkan bahwa SDM dalam kondisi sehat, termasuk tidak mengidap penyakit apapun yang dalam membahayakan atau mengganggu saat kerja atau menularkannya ke orang lain. Selain itu, SDM dapat diketahui apakah secara standar kesehatan mampu melakukan pekerjaan yang akan dilakukannya dengan baik sehingga terhindar dari kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja.
– Pemeriksaan kesehatan berkala SDM, yang berfungsi untuk memastikan kesehatan dari SDM agar dapat bekerja dengan optimal & mengetahui sejak awal jika ada pengaruh dari kerja terhadap kesehatan sehingga dapat dicegah & diobati lebih dini.

Pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan kondisi kesehatan (fisik) oleh dokter. Sebagai tambahan, dapat dilakukan pemeriksaan laboratorium & rontgen/radiologi. Jenis pemeriksaan tambahan dapat dipilih sesuai kebutuhan perusahaan ataupun jenis pekerjaan/kondisi kesehatan SDM, sehingga dapat menekan biaya pemeriksaan kesehatan yang ditanggung.
Selanjutnya, seluruh hasil pemeriksaan dikonsultasikan dengan dokter untuk dapat dilakukan tindak lanjut di tingkat perseorangan maupun perusahaan untuk pencegahan & pengobatan.
Dengan demikian, diperlukan layanan kesehatan yang menyeluruh bagi SDM yang ada di perusahaan sesuai dengan peraturan perundangan & standar kedokteran oleh dokter.
Sebagai tambahan, dapat diberikan:
– Pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk memberikan pengobatan tingkat dasar terhadap SDM yang mengalami sakit sehingga dapat mencegah penyakit yang lebih parah & penularan penyakit pada SDM lain yang ada di perusahaan ataupun klien/konsumen.
– Penyuluhan untuk mencegah kecelakaan & penyakit yang berhubungan dengan pekerjaan, maupun informasi kesehatan secara umum.

Untuk layanan kesehatan kerja yang terjangkau & berkualitas oleh dokter yang berpengalaman dalam bidang kesehatan kerja juga berizin praktik resmi dari Dinas Kesehatan & sertifikat dokter perusahaan dari Departemen Tenaga Kerja RI, silakan kontak kami di hiperkes@KonsulSehat.web.id